PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN BAGINDO RUMAH KULINER MINANG MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

SALSABILA HARUMI WICAKSONO

Informasi Dasar

23.04.792
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bagindo Rumah Kuliner Minang merupakan rumah makan Padang yang terletak di Kota Bekasi tepatnya di Jl. Puri Gading Raya No.109, RT.004/RW.007, Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati. Bagindo Rumah Kuliner Minang menjual berbagai makanan khas Minang seperti Sate Padang, Martabak Mesir, Mie Goreng Padang, Nasi Goreng Padang, Soto Padang, Teh Talua, Kopi Panggang, Jus, dan lain-lain. Kisaran harga makanan yang ditawarkan oleh Bagindo Rumah Kuliner Minang dimulai dari Rp. 5.000 – Rp. 80.000. Sedangkan untuk harga minumannya di kisaran Rp. 3.000 – Rp. 25.000.

Dengan semakin ketatnya persaingan antar rumah makan, Bagindo Rumah Kuliner Minang harus menyiapkan strategi agar bisnis tetap dapat berjalan dan penjualan dapat terus meningkat. Perancangan strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu solusi yang berpotensi dapat meningkatkan pendapatan. Data pendpatan Bagindo Rumah Kuliner Minang pada bulan Desember 2020 hingga September 2021 yang cenderung mengalami penurunan dan tidak memenuhi target penjualan. Maka dari itu, perlu dilakukan perbaikan terhadap program komunikasi pemasaran Bagindo Rumah Kuliner Minang menggunakan metode benchmarking dan tool analytical hierarchy process sehingga dapat diketahui Partner Benchmark terpilih bagi Bagindo Rumah Kuliner Minang untuk mengadaptasi praktik terbaik yang dilaksanakan Partner Benchmark terpilih.

Selain memasarkan produknya di outlet, Bagindo Rumah Kuliner Minang juga menjual produknya melalui berbagai media digital seperti GoFood, website, dan Instagram. Namun, pemanfaatan penjualan melalui media digital tersebut masih dianggap kurang maksimal oleh pemilik Bagindo Rumah Kuliner Minang. Hal ini dikarenakan cara promosi Bagindo Rumah Kuliner Minang yang kurang efektif sehingga kurang tersampaikan oleh pelanggan. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang program komunikasi pemasaran guna meningkatkan pendapatan Bagindo Rumah Kuliner Minang.

Setelah dilakukan perhitungan, Padang Merdeka memperoleh nilai priority ranking paling besar diantara ketiga alternatif Partner Benchmark yang ada. Dalam hal penerapan bauran komunikasi pemasaran, Padang Merdeka telah menerapkan delapan kategori bauran komunikasi pemasaran yang nantinya akan dijadikan acuan untuk perbaikan program komunikasi pemasaran Bagindo Rumah Kuliner Minang.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Bauran Komunikais Pemasaran, Analytical Hierarchy Process, Benchmarking

Subjek

STRATEGI PEMASARAN
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN BAGINDO RUMAH KULINER MINANG MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA HARUMI WICAKSONO
Perorangan
Budi Praptono, Maria Dellarosawati Idawicaksakti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini