Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia. Untuk mengembangkan kualitas pendidikan maka perlu didukung dengan kinerja guru yang baik. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru adalah kedisiplinan. Tanpa guru yang memiliki tingkat disiplin dan kinerja yang tinggi, maka kualitas pendidikan akan terancam. Penulis menjadikan SMK Telkom Makassar sebagai objek penelitian karena masih kurangnya tingkat kedisiplinan beberapa guru dalam melakukan administrasi dokumen juga beberapa guru yang tidak hadir dalam proses belajar mengajar dan terjadi penurunan tingkat kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat disiplin kerja dan tingkat kinerja guru serta bagaimana pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru SMK Telkom Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana, uji hipotesis (uji t), dan koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK Telkom Makassar, yang artinya semakin tinggi tingkat disiplin kerja yang diterapkan sekolah maka semakin tinggi tingkat kinerja guru. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh sebesar 22,7% terhadap kinerja guru sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi SMK Telkom Makassar agar lebih memperhatikan tingkat disiplin kerja guru sehingga kinerja yang dihasilkan baik agar kualitas pendidikan juga meningkat