Indonesia mempunyai 34 provinsi, salah satu kota di Indonesia yaitu Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak tempat pariwisata. Salah satu penunjang kebutuhan kota wisata adalah penginapan atau hotel. Salah satu hotel yang mempunyai kualitas terbaik di Yogyakarta yaitu Hotel Ambarrukmo. Hotel Ambarrukmo memiliki 3 cabang, yaitu Hotel bintang 3, bintang 4, bintang 5. Salah satu hotel yang menjadi penelitian yaitu hotel bintang 4 yaitu Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis membahas tentang proses pembersihan kamar di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Housekeeper dalam proses pembersihan kamar di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta dan kendala dalam proses pembersihan kamar di Hotel Grand Ambarrukmo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini berupa penjelasan deskriptif yang menjawab rumusan masalah yaitu.