Di Telkom University telah berjalan program wirausaha yang dikemas ke
dalam Program WRAP Entrepreneurship. WRAP Entrepreneurship adalah
program siap kerja dengan bentuk program keterlibatan dalam suatu rintisan
bisnis (startup business). Survo.id adalah salah satu startup yang mengikuti program
WRAP Entrepreneurship tersebut, Survo.id merupakan sebuah startup yang
menyediakan platform survei berbasis website untuk mencari responden terkait
dengan penelitian atau tugas akhir bagi surveyor. Survo berperan sebagai platform
yang dapat mewadahi antara surveyor dan responden, Survo dibangun dengan
harapan untuk memudahkan para surveyor untuk mendapatkan responden survei
yang sesuai untuk penelitiannya.
Saat ini Survo.id masih dalam tahap proses pengembangan dan masih
kesulitan dalam menentukan model bisnis yang tepat. Sehingga untuk itu
dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengevaluasi model bisnis saat ini
dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM dalam merancang Business
Model Canvas yang baru sebagai rekomendasi untuk Startup Survo.id untuk
mengembangkan bisnisnya agar kinerja dan kualitas yang dimiliki dapat menjadi
lebih baik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan tujuan
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi yang ditujukan kepada empat narasumber dari pihak internal Startup
Survo.id sebagai informan, serta data sekunder sebagai pelengkap.
Kata Kunci: WRAP Entrepreneurship, Startup, Business Model Canvas, Analisis
SWOT, Quantiative Strategic Planning Matrix