Deteksi Kepribadian di Media Sosial Twitter Menggunakan IndoBERT

TRI AYU SYIFA`UR ROHMAH

Informasi Dasar

191 kali
23.04.1036
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepribadian merupakan sifat dasar manusia yang menjadikan manusia itu unik. Karena perbedaan karakteristik manusia tersebut, maka kepribadian dapat menjadi tolak ukur pertimbangan dalam berbagai proses rekrutmen. Salah satu cara untuk memprediksi kepribadian adalah dengan menerapkan sistem wawancara atau pengisian kuesioner yang sering mengalami kendala karena tidak efektifnya dari segi waktu dan biaya. Hasil menjadi tidak akurat jika calon karyawan tidak mengenal dirinya dengan baik. Metode big five personality, dibagi menjadi openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism yang banyak digunakan untuk memprediksi kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode deep learning IndoBERT model untuk mendeteksi kepribadian berdasarkan lima dimensi menurut big five personality yang datanya diambil dari cuitan Twitter dengan data crawling. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa penelitian kepribadian dengan menggunakan model IndoBERT tanpa proses stemming memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi yaitu 0,46.

Subjek

Natural language processing
SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA,

Katalog

Deteksi Kepribadian di Media Sosial Twitter Menggunakan IndoBERT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRI AYU SYIFA`UR ROHMAH
Perorangan
Warih Maharani,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini