PT Rinus Marvent Indonesia (PT RMI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang Event Planner and Organizer, dan Rental-Production. Sejak wabah virus Covid-19 ditetapkan sebagai pandemic karena telah merenggut nyawa lebih dari 250 jiwa penduduk pada bulan Maret 2020, pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan untuk meniadakan kegiatan pertemuan tatap muka sementara seperti meeting, event, dan seminar yang dimana, seminar merupakan kegiatan yang memberikan pendapatan terbesar perusahaan.
Akibat ditiadakannya kegiatan pertemuan tatap muka seperti kegiatan seminar, tingkat penurunan permintaan di pasar dapat mencapai 60% yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan. Selain itu, PT Rinus Marvent Indonesia belum bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi karena belum memiliki strategi digital marketing untuk memasarkan program – programnya seperti rental produk dan manpower. Untuk memasarkan program-program tersebut, memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Metode SOSTAC (Situation analysis, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control) adalah sebuah perancangan untuk melihat apakah strategi pemasaran yang dilaksanakan sudah efektif, efisien, dan sistematis.
Hasil dari perancangan strategi digital marketing menggunakan metode SOSTAC, yaitu Pemanfaatan Google Trend dan SEO (Search Engine Optimization), Membuat konten untuk branding menggunakan social media marketing dan content marketing dengan memanfaatkan aplikasi YouTube, WhatsApp, Instagram, dan Facebook dengan target 30 pelanggan dan target penjualan Rp150.000.000 sampai Rp400.000.000 per bulan, dan Mengoptimalkan social media untuk menganalisis ketertarikan audience.
Kata Kunci: Strategi Digital Marketing, SOSTAC, Google Trend, Social Media Marketing