PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA PT RINUS MARVENT INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SOSTAC

MUHAMAD HIRAM INDARYANI PUTRO

Informasi Dasar

206 kali
23.04.1264
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Rinus Marvent Indonesia (PT RMI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang Event Planner and Organizer, dan Rental-Production. Sejak wabah virus Covid-19 ditetapkan sebagai pandemic karena telah merenggut nyawa lebih dari 250 jiwa penduduk pada bulan Maret 2020, pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan untuk meniadakan kegiatan pertemuan tatap muka sementara seperti meeting, event, dan seminar yang dimana, seminar merupakan kegiatan yang memberikan pendapatan terbesar perusahaan.

Akibat ditiadakannya kegiatan pertemuan tatap muka seperti kegiatan seminar, tingkat penurunan permintaan di pasar dapat mencapai 60% yang mengakibatkan tidak tercapainya target penjualan. Selain itu, PT Rinus Marvent Indonesia belum bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi karena belum memiliki strategi digital marketing untuk memasarkan program – programnya seperti rental produk dan manpower. Untuk memasarkan program-program tersebut, memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Metode SOSTAC (Situation analysis, Objective, Strategy, Tactics, Action, Control) adalah sebuah perancangan untuk melihat apakah strategi pemasaran yang dilaksanakan sudah efektif, efisien, dan sistematis.

Hasil dari perancangan strategi digital marketing menggunakan metode SOSTAC, yaitu Pemanfaatan Google Trend dan SEO (Search Engine Optimization), Membuat konten untuk branding menggunakan social media marketing dan content marketing dengan memanfaatkan aplikasi YouTube, WhatsApp, Instagram, dan Facebook dengan target 30 pelanggan dan target penjualan Rp150.000.000 sampai Rp400.000.000 per bulan, dan Mengoptimalkan social media untuk menganalisis ketertarikan audience.

Kata Kunci: Strategi Digital Marketing, SOSTAC, Google Trend, Social Media Marketing

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
Marekting Digital,

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA PT RINUS MARVENT INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SOSTAC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD HIRAM INDARYANI PUTRO
Perorangan
Maria Dellarosawati Idawicaksakti, Isnaeni Yuli Arini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini