Havanyawears merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus di bidang fashion hijab yang berdiri sejak tahun 2019. Havanyawears menawarkan berbagai produk seperti hijab, atasan, bawahan, dan terusan untuk wanita muslim Indonesia. Dalam beberapa waktu belakangan ini penjualan Havanyawears sedang mengalami beberapa permasalahan, yaitu pendapatan yang mengalami fluktuasi karena tidak terpenuhinya target penjualan yang sudah ditetapkan pada beberapa waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan observasi terkait akar permasalahan yang dialami Havanyawears ke dalam beberapa aspek, salah satu aspek yang mempengaruhi permasalahan pada Havanyawears yaitu diferensiasi yang rendah pada Havanyawears serta kurang mengkomunkasikan keunggulan yang dimiliki sehingga persepsi konsumen terhadap Havanyawears masih lemah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang strategi positioning pada brand Havanyawears agar memperkuat daya saing dalam menghadapi persaingan dengan menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengguna brand fashion hijab dengan ukuran sampel berjumlah 200 orang. Berdasarkan hasil perceptual mapping diperoleh tiga wilayah persaingan, dari kondisi persaingan Havanyawears terhadap setiap wilayah tersebut dapat diidentifikasi atribut-atribut yang menjadi dasar persaingan Havanyawears dengan pesaing aktual dan potensialnya, kemudian dilakukan analisis SWOT pada setiap atribut tersebut yang merupakan dasar rancangan strategi positioning Havanyawears dan menjadi dasar pertimbangan Havanyawears dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan
Kata kunci— Positioning, Multidimensional Scaling, Perceptual mapping, Analisis SWOT, Fashion Hijab, Havanyawears.