ABSTRAK
Pencapaian kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA pada pengelolaan operasional jaringan pada Speedy dan Groovia pada tahun 2012 mengalami peningkatan dan diikuti dengan kenaikan jumlah ketidakhadiran karyawan. Hal tersebut bertentangan dengan teori menurut McClelland (Mangkunegara, 2012:76) yang menyatakan bahwa motivasi memiliki hubungan yang positif dengan kinerja, artinya manajer dan pegawai yang mempunyai motivasi yang tinggi akan mempunyai kinerja yang tinggi, sebaliknya mereka yang memiliki motivasi yang rendah mempunyai kinerja yang rendah.
Penelitian ini menggunakan metode kausal dengan tujuan untuk menelaah kausalitas antar variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu, dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 62 responden, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut : Y = 0,967 + 0,617X. nilai konstanta a memiliki arti bahwa nilai X (Motivasi) bernilai 0, maka Y (kinerja karyawan) bernilai 0,967. Sedangkan koefisien regresi b menyatakan bahwa setiap X meningkat 1 maka Y (kinerja karyawan) akan meningkat sebesar 0.617.
Berdasarkan hipotesis diatas dapat diketahui bahwa t hitung (2,492) lebih besar dari t tabel (2,000 ) sehingga H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan outsourcing PT.Telkom DIVA, dan nilai koefisien determinasi motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 31 % sedangkan sisanya sebesar 69 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Motivasi, Kinerja