Era globalisasi dewasa ini menjadikan persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Untuk memperluas jangkauan distribusi atau penjualan, perusahaan memerlukan kerjasama dengan pihak lain. Begitu pula yang dilakukan CV Sampurna Part Niaga sebagai perusahaan distributor suku cadang otomotif yang berlokasi di Bandung. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor aliansi stratejik yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, dan komunikasi terhadap kinerja rantai pasokan perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 (seratus) responden yaitu toko yang bekerjasama dengan CV Sampurna Part Niaga. Alat Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan SPSS 21.0 for windows.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dapat diterima dengan baik dan dapat membuktikan bahwa (1) kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap aliansi stratejik, (2) komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap aliansi stratejik, (3) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap aliansi stratejik, (4) aliansi stratejik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja rantai pasokan.
Hasil penelitian ini menyatakan diantara variabel kepercayaan, komitmen, dan komunikasi, yang paling besar pengaruhnya terhadap kesuksesan aliansi stratejik adalah komunikasi (X3), yaitu sebesar 59,7%. Hasil koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,368 atau 36,8% menunjukkan variabel aliansi strategis mempunyai pengaruh yang tidak cukup besar terhadap kinerja rantai pasokan CV Sampurna Part Niaga.
Kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Aliansi Stratejik, Kinerja Rantai Pasokan.