PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Minimarket SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence Bojongsoang, Kabupaten Bandung Tahun 2013)

ABDAN SYAKURO

Informasi Dasar

68 kali
14.04.117
658.87
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan yang kompetitif dalam bisnis minimarket mendorong perusahaan untuk melakukan strategi-strategi yang membantu dalam menghadapi persaingan tersebut, salah satu strategi yang dilakukan perusahaan adalah dengan memperhatikan perubahan daya beli konsumen. SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence Bojongsoang, Kabupaten Bandung merupakan salah satu bisnis minimarket yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu, dalam mengantisipasi perubahan daya beli konsumen, SBmart melakukan berbagai strategi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan konsumen sehingga bisa menarik minat konsumen membeli. Dimana strategi pemasaran tersebut dicerminkan sebagai suatu program yang dikenal dengan istilah bauran eceran (retailing mix). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh retailing mix yang terdiri dari product and service assortment, retail price, promotion, dan location terhadap keputusan pembelian pada SBmart diukur melalui pilihan pilihan produk, pilihan merek, pilihan dealer, jumlah pembelian, saat yang tepat melakukan pembelian dan metode pembayaran. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian explanatory research. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengujian hipotesis secara parsial, sub variabel retail price, promotion, dan location mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minimarket SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Sedangkan sub variabel product and service assortment tidak mempunyai pengaruh secara signifikan. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square = 0,481, artinya bahwa variabel independen (retailing mix) mampu menjelaskan variabel dependen (keputusan Pembelian) sebesar 48,1% dan sisanya 51,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Untuk sisanya disarankan memasukkan variabel lain seperti faktor dari karakteristik dan psikologi konsumen (budaya, sosial, pribadi, dan psikologi).

Kata kunci : Retailing Mix, Product And Service Assortment, Retail Price, Promotion, Location, Keputusan Pembelian.

Subjek

RETAILIING
CONSUMER BEHAVIOUR

Katalog

PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Minimarket SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence Bojongsoang, Kabupaten Bandung Tahun 2013)
 
xvi, 123p.: il.; 30cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDAN SYAKURO
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Administrasi Bisnis
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini