Persaingan yang kompetitif dalam bisnis minimarket mendorong perusahaan untuk melakukan strategi-strategi yang membantu dalam menghadapi persaingan tersebut, salah satu strategi yang dilakukan perusahaan adalah dengan memperhatikan perubahan daya beli konsumen. SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence Bojongsoang, Kabupaten Bandung merupakan salah satu bisnis minimarket yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu, dalam mengantisipasi perubahan daya beli konsumen, SBmart melakukan berbagai strategi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan konsumen sehingga bisa menarik minat konsumen membeli. Dimana strategi pemasaran tersebut dicerminkan sebagai suatu program yang dikenal dengan istilah bauran eceran (retailing mix).
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh retailing mix yang terdiri dari product and service assortment, retail price, promotion, dan location terhadap keputusan pembelian pada SBmart diukur melalui pilihan pilihan produk, pilihan merek, pilihan dealer, jumlah pembelian, saat yang tepat melakukan pembelian dan metode pembayaran.
Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian explanatory research. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengujian hipotesis secara parsial, sub variabel retail price, promotion, dan location mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minimarket SBmart Komplek Perumahan Pesona Bali Residence, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Sedangkan sub variabel product and service assortment tidak mempunyai pengaruh secara signifikan. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square = 0,481, artinya bahwa variabel independen (retailing mix) mampu menjelaskan variabel dependen (keputusan Pembelian) sebesar 48,1% dan sisanya 51,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Untuk sisanya disarankan memasukkan variabel lain seperti faktor dari karakteristik dan psikologi konsumen (budaya, sosial, pribadi, dan psikologi).
Kata kunci : Retailing Mix, Product And Service Assortment, Retail Price, Promotion, Location, Keputusan Pembelian.