Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung berencana memperkenalkan budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif agar warga Indonesia lebih mengenal tentang Kota Bandung. Dalam kegiatan ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menggunakan media alternatif yaitu virtual reality sebagai media promosi interaktif. Virtual reality dipilih karena dapat menggabungkan video, gambar, suara, 3D objek, dan teks, sehingga dapat memberikan pengalaman nyata kepada pengguna dengan tampilan 360. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pada proyek akhir ini akan implementasikan kedalam website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Upaya pengenalan terhadap potensi wisata lokal ini dengan membuat virtual reality dan tour 360 sebagai sarana media promosi interaktif ekonomi kreatif Kota Bandung. Peran penulis dalam proyek akhir ini membuat mock up denah untuk di bangun kedalam 3D modeling menggunakan sketchup sesuai dengan kebutuhan mitra.
Kata Kunci: Budaya, Ekonomi Kreatif, Pariwisata, Virtual Reality, Virtual Tour.