ABSTRAK
Bisnis restoran di Indonesia belakangan ini semakin berkembang tidak terkecuali di Kota Bandung. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya jumlah restoran yang ada di Kota Bandung. Begitu juga dengan Industri Internet yang terus berkembang belakangan ini, diketahui pada tahun 2012 ada sekitar 63 juta pengguna internet di Indonesia dan ada sekitar 1.000.000 pengguna internet yang ada di Kota Bandung. Perkembangan kedua industri ini menjadi faktor yang melatar belakangi peneliti untuk membuat rancangan bisnis model Hiplounge.com.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan atau respon dari masyarakat serta restoran-restoran yang ada di Kota Bandung atas rencana dibuatnya situs dan aplikasi mesin pencari Hiplounge.com. Masyarakat serta restoran-restoran yang ada di Kota Bandung merupakan Segmen Pelanggan hiplounge.com sedangkan Kota Bandung merupakan ruang lingkup penelitian peneliti.
Hasil penelitian di peroleh rata-rata persentase skor untuk Segmen Pelanggan Calon Pengguna Hiplounge.com yakni sebesar 70.45%. Artinya, responden dalam hal ini adalah calon pengguna Hiplounge.com yang merupakan masyarakat Kota Bandung mayoritas mendukung konsep yang ditawarkan peneliti mengenai rancangan bisnis Hiplounge.com ini. Sedangkan rata-rata persentase skor untuk Segmen Pelanggan Restoran yakni sebasar 80.5%. Artinya responden dalam hal ini restoran-restoran yang ada di Kota Bandung mayoritas setuju dan mendukung konsep bisnis yang ditawarkan oleh Hiplounge.com.
Berdasarkan hasil penelitian tersebutdiharapkan Hiplounge.com nantinya dapat benar-benar diterima dan digunakan oleh kedua segmen pelanggan Hiplounge.com yang terdiri dari calon pelanggan Hiplounge dan restoran-restoran yang ada di Kota Bandung. Diharapkan nantinya kedua segmen pelanggan Hiplounge ini dapat berkolaborasi dan bisa memutar jalannya model bisnis Hiplounge.com. Dalam bisnis yang bergerak dibidang jasa, peran pelanggan begitu krusial sebagai penentu jalannya roda ekonomi perusahaan, Hal tersebut yang menyebabkan perlu bagi sebuah perusahaan seperti Hiplounge.com yang bergerak dalam bidang jasa untuk menjaga kepuasan kedua segmen pelanggannyadengan terus mengembangkan platform-nya dalam hal ini adalah situs web serta aplikasi mobile-nya untuk terus menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Rancangan Bisnis, Model Bisnis, Model Bisnis Kanvas, Jasa.