IndiHome merupakan layanan provider telekomunikasi yang terdiri dari komunikasi suara, data, maupun video (Triple Play service) layanan tersebut melewati akses broadband dan didapatkan hanya dengan berlangganan satu jenis media koneksi saja. Hal itu membutuhkan perangkat teknologi akses yang dapat menyalurkan layanan Triple Play service hingga sampai pada pelanggan. Melalui anak perusahaannya yaitu PT. Telkom Akses, PT. Telkom Indonesia membangun infrastruktur jaringan di wilayah Telkom Jakarta Utara. Teknologi yang digunakan yaitu Gigabit Passive Optical Network (GPON).GPON merupakan teknologi jaringan yang menggunakan fiber optik seluruhnya dengan parameter kualitas jaringannya adalah Rx Power. Namun seiring berjalannya waktu teknologi tersebut masih terdapat gangguan yang timbul dalam penggunaannya.Penelitian ini menganalisis cara penanganan gangguan PT. Telkom Indonesia di Witel Jakarta Utara yang menggunakan teknologi GPON. Nossa merupakan software yang digunakan oleh PT. Telkom.akses untuk melakukan managemen tiket gangguan indihome. Dimana laporan awal dikelola oleh call center telkom 147 untuk pembuatan tiket gangguan lalu di teruskan ke witel masing masing sesuai lokasi terdaftar pelanggan untuk penanganan tiket. Dalam tugas akhir ini dilakukan juga analisis terhadap gangguan yang paling sering terjadi berdasarkan gangguan yang masuk dan solusi yang dilakukan untuk mengatasinya berdasarkan keterangan resolved tiket. Pada bulan Juli 2018 dengan jumlah total 14.580 tiket didapatkan 5 hasil teratas keluhan dan solusi gangguan yang sering terjadi ,yaitu dengan 5 keluhan teratas seperti Telepon Mati sebesar 20.72 % , Internet Lambat 17.12%, Internet Tidak Koneksi 13.51%, 2P/3P Mati Total 9,61% , Internet Intermitten 6,91% dan keluhan lain 32.13% . serta 5 hasil solusi teratas yaitu Perbaikan IKR 30.11%, Config Ulang ONT 20.70%, Crimping Ulang Kabel LAN 19.63%, Restart ONT 12.99%, Sambung/Ganti Dropcore 9.05%.