Penelitian ini dilakukan karena, wifi merupakan kebutuhan masyarakat dan bertujuan untuk mengetahui performasi yang diterima pelanggan terhadap wifi id. Kualitas layanan atau Quality of Sevice merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari suatu servis. Pada proyek akhir ini, akan membahas tentang hasil pengukuran QOS wifi standar 802.11b. Dari hasil analisis ini pengukuran parameter QoS yang terdiri dari Delay, Packet Loss dan Throughput. Didapatkan nilai rata – rata Delay untuk ketiga titik yaitu sebesar 0,002ms. Nilai Packet Loss pada STO Gambir jam 10.25 sebesar 0,4%, pada jam 12.51 sebesar 0,4% dan pada jam 16.53 sebesar 0,4%. Dan nilai throughput pada jam 10.25 sebesar 2,52Mbit/sec, pada jam 12.51 sebesar 2,91Mbit/sec, dan pada jam 16.53 sebesar 2,13Mbit/sec. Nilai Packet Loss pada Plasa Telkom Kebon Sirih jam 10.20 sebesar 0,5%, pada jam 12.08 sebesar 0,5% dan pada jam 16.21 sebesar 0,2%. Dan nilai throughput pada jam 10.20 sebesar 5,96Mbit/sec, pada jam 12.08 sebesar 2,86Mbit/sec, dan pada jam 16.21 sebesar 6,80Mbit/sec. Sedangkan nilai Packet Loss pada Kampus Akademi Telkom Jakarta jam 09.13 sebesar 0,4%, pada jam 13.02 sebesar 0,5% dan pada jam 16.45 sebesar 0,4%. Dan nilai throughput pada jam 09.13 sebesar 1,66Mbit/sec, pada jam 13.02 sebesar 1,89Mbit/sec, dan pada jam 16.45 sebesar 2,66Mbit/sec. Dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat bagus menurut standar TIPHON.