Dalam dunia telekomunikasi memberikan fasilitas dan pelayanan yang memudahkan dalam berkomunikasi khususnya dalam mempertimbangkan faktor kualitas, penyaluran trafik merupakan upaya yang harus dilakukan,sumber trafik adalah pelanggan, kapan dan berapa lama pelanggan melakukan hubungan komunikasi tidak dapat ditentukan terlebih dahulu.
Dengan meningkatnya jumlah pelanggan maka jumlah kebutuhan perangkat penyambung komunikasi akan semakin banyak dan kompleks, agar dapat dicapai suatu keadaan dimana SMS dapat terlayani lebih baik, maka dilakukannya proses pengolahan data trafik. Dengan proses pengolahan data trafik ini akan terlihat angka-angka keberhasilan dan kegagalan pengiriman, angka-angka kegagalan pengiriman SMS dari hasil analisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya busy, sinyal yang kurang baik, sirkit yang sedang terduduki, atau bahkan karena perangkat sentral itu sendiri yang sudah tidak layak digunakan semua ini perlu di analisa dan di tindak lanjuti sehingga keberhasilan pengiriman SMS dapat ditingkatkan.
Untuk mengetahui setiap angka kegagalan maka harus dipahami proses pembangunan hubungan, pola routing SMS, dan signaling. Salah satu angka kegagalan yang terdeteksi yaitu routing pada jam sibuk/busy.Routing pada jam-jam sibuk dapat mempengaruhi keberhasilan proses pengiriman SMS,sehingga terindikasi dapat menyebakan gagalnya proses routing itu sendiri,sehingga solusi untuk meminimalisasi kegagalan karena factor busy tersebut adalah dengan pengalihan route yang berbeda dan sedang tidak sibuk