RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS GPS BASED TRACKING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : LOKASI OBJEK WISATA KOTA TANGERANG)

Pratama Widya Nugraha

Informasi Dasar

ITTJ.16170138.1096
005.4
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kota Tangerang memiliki banyak tempat wisata yang saling berdekatan dalam hal akses menuju tempat-tempat ini. Tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui lokasi tempat-tempat ini. Saat ini, pengguna tak jarang memakai aplikasi yang menyediakan pencarian lokasi menjadi petunjuk arah ke lokasi yang diinginkan. Namun, aplikasi itu hanya bisa menampilkan informasi tak berbentuk (gambar atau teks), serta tidak memperlihatkan bagaimana keadaan tempat yang sebenarnya. Penelitian ini menerapkan teknologi augmented reality menggunakan teknologi GPS based tracking yang bisa membentuk koordinat titik rute menjadi marker supaya menampilkan objek virtual, maka dari itu penjelasan petunjuk arah lokasi yang akan ditampakkan terlihat lebih mudah serta nyata dan dimengerti pada para pemakai. Mapbox dipergunakan menjadi sebuah platform penyedia layanan lokasi serta framework guna merancang augmented reality. Informasi yang diperlihatkan berbentuk obyek 2D berupa anak panah yang berwarna biru dan saling tergabung satu dengan yang lainnya, sehingga bisa menghasilkan satu petunjuk arah ke posisi tempat serta berada sempurna diatas jalan. Untuk menampilkan objek virtual petunjuk arah dengan baik dan benar sesuai dengan arah pandangan pemakai, disarankan untuk memakai aplikasi di bagian sebelah kiri tepat diatas trotoar menggunakan jarak pendeteksian markerless sejauh lima meter dihitung dari tengah jalan.

Subjek

#N/A
 

Katalog

RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS GPS BASED TRACKING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : LOKASI OBJEK WISATA KOTA TANGERANG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Pratama Widya Nugraha
Perorangan
Muhammad Yusuf
 

Penerbit

Institut Teknologi Telkom Jakarta
Jakarta
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini