Sistem Informasi Akuarium Pintar Untuk Aquascaper Berbasis Internet of Things

MOHAMMAD RAFIQI PUTRA

Informasi Dasar

23.06.285
004.678
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sistem Informasi akuarium pintar untuk aquascaper ini akan dibuat pemantauan kondisi air pada aquascape melalui aplikasi smarthphone. Aquascape sudah menjadi hobi baru kepada penggemar ikan hias untuk membuat sebuah seni yang mengatur tanaman, batu, kayu, pasir, dll. Banyak dari penggemar aquascape sulit dalam merawat tanaman air karena berbagai masalah yang dihadapinya. Permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna aquascape adalah keterbatasan waktu untuk melakukan pemantauan kondisi air pada aquascape yang menyebabkan kegagalan dalam membuat aquascape.

Dalam membantu permasalahan tersebut, dengan adanya sistem informasi aplikasi aquascaper ini akan mempermudah para pengguna aquascape untuk melakukan pemantauan kondisi air pada aquascape dengan membuat sistem monitoring yang meliputi sensor suhu, kekeruhan air, tingkat Power of Hydrogen (pH), Carbon Dioxide (CO2), kontrol Light Emiting Diode (LED), kontrol kipas pendingin, dan kontrol solenoid serta mempunyai fitur grafik untuk dapat menyimpan riwayat pengukuran setiap parameter serta mengetahui kondisi kualitas air pada aquascape. Untuk membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan software Android Studio sebagai media dalam penyusunan program, serta source code yang digunakan ialah Java. Java memiliki fitur-fitur yang berguna dalam membuat aplikasi android, para programmer sering menggunakan Java ini karena mempunyai kelebihan yang dapat membuat aplikasi menjadi fleksibel, memiliki library yang lengkap, dan struktur coding yang lebih sederhana.

Dengan adanya aplikasi aquascaper ini supaya para pengguna yang memiliki hobi dalam membuat aquascape dapat merasakan kemudahan dengan fitur-fitur yang membantu untuk memelihara aquascape melalui smartphone. Aplikasi ini support dengan android versi 6.0 Marshmallow dan diatasnya, terutama aplikasi ini mempunyai fitur-fitur seperti memperlihatkan nilai 4 parameter secara realtime, melakukan kontrol (kipas, solenoid dan lampu) secara online, menampilkan notifikasi jika terjadinya kenaikan atau penurunan nilai standar parameter dan memiliki grafik supaya dapat melihat kondisi kualitas air aquascape melalui grafik dalam periode harian dan mingguan.

Subjek

INTERNET OF THINGS
SISTEM INFORMASI,

Katalog

Sistem Informasi Akuarium Pintar Untuk Aquascaper Berbasis Internet of Things
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD RAFIQI PUTRA
Perorangan
Rohmat Tulloh, Indrarini Dyah Irawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • DTH1C3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini