Rancang Bangun Aplikasi Sistem Keuangan Pribadi dan Tabungan Saham (Passive Income) Berbasis Android Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin

SALMA RACHMATYA

Informasi Dasar

23.06.287
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Manajemen keuangan pribadi menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun kini, dengan berkembangnya teknologi yang menciptakan segala kemudahan untuk memperoleh apa yang diinginkan sehingga menimbulkan sikap konsumtif berlebihan masyarakat. Banyak individu yang cukup sulit untuk mengatur atau mengorganisir keuangannya dikarenakan perlunya pengelolaan secara detail sehingga uang dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Pada era teknologi sekarang, masyarakat sering mengandalkan smartphone sebagai alat kebutuhan sehari-hari. Pemasukan, pengeluaran, manajemen keuangan, serta tabungan saham (passive income) merupakan fungsi diciptakannya aplikasi ini. Maka dari itu, dibutuhkan aplikasi sederhana agar dapat mengelola perencanaan keuangan pribadi menjadi efektif dan efisien.

Berdasarkan hasil analisa yang saya dapatkan bahwa aplikasi yang diperlukan merupakan perencanaan keuangan yang sederhana dan mudah digunakan. User juga dapat melakukan kontrol keuangan agar tiak terjadi pembengkakan buget secara defisit. Aplikasi keuangan ini dapat dirancang dan diimplementasikan basis Android. IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi ini adalah Android Studio. Sedangkan bahasa pemrogramannya menggunakan kotlin serta perancangan struktur database menggunakan SQLite dengan  ROOM sebagai ORM (Object Relational Mapper).

 

kata kunci : android, aplikasi keuangan, manajemen keuangan, perencanaan, pengelolaan, tabungan saham

Subjek

PERANCANGAN APLIKASI
PROGRAMMING,

Katalog

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Keuangan Pribadi dan Tabungan Saham (Passive Income) Berbasis Android Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALMA RACHMATYA
Perorangan
Muhammad Iqbal, Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini