PERANCANGAN SOLUSI PENINGKATAN KAPASITAS PADA DIVISI PACKAGING BERDASARKAN PERTIMBANGAN BEBAN KERJA

ALIEF FACHRIE FATTUROHMAN

Informasi Dasar

23.04.1469
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jaya Agung Plastik merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang distributor plastik alat kebutuhan alat rumah tangga. Jaya Agung Plastik melakukan distribusi barang tidak hanya didaerah jawa tengah saja tetapi pengiriman barang hingga daerah Indonesia daerah timur seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur hingga Papua Barat. Jaya Agung Plastik mengalami penurunan target packaging  barang karena ada pengurangan jumlah karyawan pada divisi packaging. Dengan jumlah karyawan pada divisi tersebut terbatas kemungkinan karyawan mengalami beban kerja yang tinggi.  Perancangan yang dilakukan mengetahui berapa besarnya beban kerja yang dialami oleh karyawan divisi packaging sehingga dapat dilakukan untuk rancangan perhitungan jumlah karuawan pada perancangan ini.

Perancangan ini adalah  bertujuan menganalisis beban kerja karyawan menggunakan metode Full Time Equivalent (FTE). Tahapan yang dilakukan dalam perancangan ini mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada perusahaan, menentukan alternatif solusi yang digunakan, batasan masalah, kemudian melakukan proses perancangan kebutuhan jumlah karyawan, identifikasi proses dan kebutuhan waktu kerja, indentifikasi standar kelonggaran, selanjutnya melkaukan perhitungan beban kerja, menganalisis jumlah karyawan eksisting dengan hasil peritungan yang sudah dilakukan. Melakukan verifikasi hasil rancangan yang sudah dilakukan.

Hasil perhitungan beban kerja dengan metode Full Time Equivalent. Ada karyawan mengalami beban kerja >1,28 atau dapat dikatakan overload dan 0,99-1,28 atau dapat dikatakan normal. Setelah mendapatkan hasil dari rancangan yang digunakan adalah menverifikasi rancangan jumlah karyawan yang dibutuhkan dan jabatan yang dibutuhkan. Setelah itu evaluasi hasil job description and job specification.

 

Kata kunci : Beban kerja, Full Time Equivalent (FTE), Job Description, Job Specification

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SOLUSI PENINGKATAN KAPASITAS PADA DIVISI PACKAGING BERDASARKAN PERTIMBANGAN BEBAN KERJA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIEF FACHRIE FATTUROHMAN
Perorangan
Atya Nur Aisha, Fida Nirmala Nugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • HUG1T2 - ANALISIS DAN PENGUKURAN KERJA
  • IEI453 - PENGEMBANGAN ORGANISASI
  • IEH4HC3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini