SISTEM RADAR FMCW UNTUK PEMANTAUAN AREA RAWAN TANAH LONGSOR

WILMA CHRISTY NATALIA

Informasi Dasar

10 kali
23.04.1681
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ancaman bencana tanah longsor sering terjadi saat musim hujan di Indonesia karena Indonesia memiliki banyak wilayah perbukitan dan pegunungan. Kejadian tanah longsor sering berdampak negatif pada manusia. Untuk meminimalkan dampak kerugian materi dan korban jiwa, maka dikembangkan sistem monitoring tanah longsor menggunakan radar uRAD yang efektif untuk mendeteksi pergerakan dari lereng tanah longsor.

Penelitian ini berfokus pada perancangan sistem untuk pendeteksian tanah longsor dengan menggunakan uRAD yang berbasis radar FMCW dan miniatur longsor yang digunakan sebagai simulasi terjadinya tanah longsor saat pengambilan dataset. Data yang didapatkan dari radar uRAD akan di olah dengan menggunakan pemrograman Python dalam proses pengolahan sinyal, pengolahan sinyal ini dilakukan pada Raspberry Pi untuk menjalankan metode remove DC component, FFT, remove clutter, cropping data, mencari indeks peak spectrum, mencari modus indeks, deteksi fasa, dan CPD. Untuk menguji hasil pendeteksian dari data yang didapat, maka dilakukan pencarian waktu selisih yaitu pengurangan dari waktu asli saat terdeteksi adanya pergerakan dengan waktu pergerakan yang terdeteksi dengan metode CPD.

Tujuan dari penelitian ini mendapatkan hasil waktu selisih kurang dari 2 detik. Hasil penelitian didapat dari pengurangan antara waktu asli dengan waktu CPD. Waktu asli didapatkan oleh penulis dengan menggunakan stopwatch saat sedang melakukan pengambilan data. Sedangkan waktu CPD didapat dari hasil pencarian titik perubahan nilai dari data fasa yang didapat, dengan menggunakan nilai threshold sebesar 1. Penelitian ini berhasil memenuhi tujuan yang diusulkan dan sistem berhasil mendeteksi waktu saat ada pergerakan kecil yang terdeteksi oleh radar.

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

SISTEM RADAR FMCW UNTUK PEMANTAUAN AREA RAWAN TANAH LONGSOR
 
PDF
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILMA CHRISTY NATALIA
Perorangan
Fiky Yosef Suratman, Aloysius Adya Pramudita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TEI3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • TEI4N3 - PEMBELAJARAN MESIN DAN APLIKASI
  • TTI3B3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRET
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini