PROYEKSI KEBUTUHAN LISTRIK SPASIAL UNTUK GRID PULAU KECIL STUDI KASUS PULAU RENGIT BELITUNG

BAYU WIRA YUDHA

Informasi Dasar

23.04.1683
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam perencanaan kelistrikan, diperlukan beban listrik sebagai acuan untuk melakukan perencanaan. Proyeksi kelistrikan di pulau kecil memiliki batasan yaitu wilayah pulau itu sendiri. Oleh karena itu, proyeksi kebutuhan listrik berbasis pulau kecil seperti pulau Rengit memerlukan pendekatan spasial. Dalam pendekatan ini parameter yang digunakan adalah penggunaan lahan atau land use.

Metode proyeksi berbasis spasial atau spatial demand forecasting menggunakan data Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pulau Rengit. Data kualitatif RTRW akan diolah menjadi data kuantitatif untuk mengamati pertumbuhan pulau selama lima tahun. Data diolah dengan bantuan perangkat lunak Geographic Information System untuk memetakan lokasi yang membutuhkan listrik serta perangkat lunak Microsoft Excel dan Crystal Ball untuk melakukan simulasi Monte Carlo yang akan menguji faktor ketidakpastian dalam proyeksi beban listrik.

Penelitian ini menghasilkan suatu proyeksi beban listrik di pulau Rengit dalam suatu rentang nilai beban dengan tingkat kepercayaan 98% selama lima tahun dengan di tahun terakhir proyeksi beban listrik sebesar 859149 Watt. Selain itu, proyeksi beban dari penelitian ini juga mendapatkan hasil berupa opsi pemilihan pemasangan trafo sesuai beban tiap tahunnya selama periode lima tahun. Hasil tersebut dapat digunakan untuk perencanaan kelistrikan dalam berbagai opsi.

 

Kata Kunci: perencanaan kelistrikan, proyeksi, beban listrik, spatial demand forecasting, simulasi Monte Carlo.

Subjek

ELECTRICAL POWER SYSTEMS
 

Katalog

PROYEKSI KEBUTUHAN LISTRIK SPASIAL UNTUK GRID PULAU KECIL STUDI KASUS PULAU RENGIT BELITUNG
 
PDF
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU WIRA YUDHA
Perorangan
Sudarmono Sasmono, Wahmisari Priharti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini