SISTEM PERAMALAN DAYA PV BERDASARKAN PARAMETER LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC DENGAN STATISTIK TIME SERIES

ROBBY SANRO SUWANDI

Informasi Dasar

23.04.1691
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Photovoltaic yaitu teknologi yang berguna untuk menjadi pengubah atau pengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Pada realitanya daya yang dihasilkan oleh photovoltaic dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti densitas debu, suhu, dan juga kelembaban udara. Dengan permasalahan dan kondisi seperti berikut maka diperlukan adanya suatu sistem yang bisa meramalkan keluaran daya. Pentingnya penelitian peramalan daya ini untuk meningkatkan kinerja sistem manajemen energi untuk operasi dan kebutuhan perencanaan PLTS kepada masyarakat.

Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem peramalan daya keluaran  pada photovoltaic dalam jangka pendek dengan metode Fuzzy Logic dimana logika fuzzy adalah suatu logika yang memiliki nilai samar antara logika benar atau salah dengan nilai diantara 0 hingga 1. Peramalan dilakukan dengan melakukan pembuatan sistem fuzzy dengan 3 input parameter lingkungan yaitu densitas debu, kelembapan dan juga suhu beserta 1 output daya peramalan. Pembentukan fuzzy dilakukan dengan membuat variabel operasi, fungsi keanggotaan dan rule yang pembentukannya didasarkan dari data penelitian jangka pendek selama 7 hari. Sehingga uji sistem dilakukan dengan memasukan data parameter lingkungan yang menghasilkan output daya peramalan.

Penelitian ini berhasil meramalkan keluaran daya lewat perbandingan antara daya aktual dan daya peramalan dengan nilai kesalahan peramalan Mean Absolute Error (MSE) sebesar 54,83 dan nilai Mean Absolute Percentage Error 14% sehingga sistem peramalan bernilai baik.

                                                                              

Kata Kunci: Photovoltaic, Fuzzy Logic, Peramalan.

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

SISTEM PERAMALAN DAYA PV BERDASARKAN PARAMETER LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC DENGAN STATISTIK TIME SERIES
 
PDF
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROBBY SANRO SUWANDI
Perorangan
Desri Kristina Silalahi, Bandiyah Sri Aprillia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4F3 - JARINGAN LISTRIK PINTAR BERBASIS ENERGI TERBARUKAN
  • TEI4N3 - PEMBELAJARAN MESIN DAN APLIKASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini