IDENTIFIKASI FIBROSIS DAN PENEBALAN PLEURA BERDASARKAN CITRA X-RAY MENGGUNAKAN METODE CNN

IVAN ADITYA MAULANA

Informasi Dasar

162 kali
23.04.1722
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Fibrosis paru-paru merupakan penyakit paru-paru yang ditandai dengan pembentukan jaringan parut sehingga menyebabkan kerusakan struktur dan fungsi pada paru-paru. Gejala fibrosis paru diawali napas yang pendek sehingga kesulitan untuk bernapas dengan baik. Penebalan pleura atau pleural thickening merupakan penyakit kelainan paru dimana terdapat jaringan parut yang melebar hingga ke seluruh permukaan lapisan paru. Penebalan pleura juga merupakan manifestasi dari beberapa penyakit paru-paru. Pemeriksaan penderita penyakit paru-paru memiliki kekurangan untuk mendiagnosis secara akurat karena ciri fibrosis paru dan penebalan pleura memiliki kesamaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memprediksi secara akurat adanya penyakit fibrosis paru dan penebalan pleura.

               Pada tugas akhir ini telah dibuat sistem untuk mengidentifikasi penyakit paru-paru ke dalam tiga kelas, yaitu normal, fibrosis paru, dan penebalan pleura. Sistem akan dibuat menggunakan Convolutional Neural Network (CNN). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data public yang diperoleh secara online melalui Kaggle yang terdiri dari 1.500 citra x-ray berukuran 512 piksel. Proses augmentasi juga ditambahkan pada data training untuk memperoleh dataset yang lebih bervariasi.

            Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sistem identifikasi penyakit paru-paru menggunakan CNN lalu menganalisis parameter yang mempengaruhi performa sistem berdasarkan pengaruh optimizer, batch size, dan learning rate. Parameter yang akan digunakan untuk mengevaluasi performa sistem adalah akurasi, precision, recall, dan f1-score. Berdasarkan hasil pengujian sistem, model terbaik diperoleh dengan Adam optimizer, learning rate 0,001, iterasi 100 epoch dengan early stopping, dan batch size 16. Kedua jenis dataset memperoleh hasil yang tidak jauh berbeda, namun hasil maksimal ditunjukkan pada dataset hasil augmentasi dengan akurasi 0.63, nilai precision 0.62, nilai recall 0.64, dan f1-score 0.63.

Kata kunci: Convolutional Neural Network (CNN), Fibrosis, Pleural Thickening, Preprocessing.

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

IDENTIFIKASI FIBROSIS DAN PENEBALAN PLEURA BERDASARKAN CITRA X-RAY MENGGUNAKAN METODE CNN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVAN ADITYA MAULANA
Perorangan
Nur Ibrahim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4I3 - AI DAN BIG DATA ANALYSIS
  • TTI1B3 - MATRIKS DAN RUANG VEKTOR
  • TTI2A3 - VARIABEL KOMPLEKS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini