Nilai perusahaan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan bidang usaha dari tahun ke tahun. Tujuan tiap perusahaan tentunya ingin dapat memaksimalkan potensi dari segi finansial dan juga non finansial dalam rangka meningkatkan nilai perusahaan yang berpengaruh pada eksistensi perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas secara simultan dan secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021.
Tujuan penelitian ini dilakukan mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas, serta variabel dependen pada penelitian ini adalah nilai perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 70 sampel yang akan di observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Secara parsial, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Sedangkan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan variabel-variabel independen yang dapat menjelaskan pengaruh lebih besar. Bagi investor diharapkan penelitian ini bisa menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Bagi perusahaan disarankan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan melihat pengaruh-pengaruh variabel yang mempengaruhi nilai perusahaan.
Kata Kunci: likuiditas, nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan