Pariwisata menjadi sektor utama pemerintah karena mampu menggerakan perekonomian bangsa, dimana sektor ini menjadi penyumbang devisa nasional terbesar ketiga. Di masa normalisasi seperti saat ini, tren wisata alam menjadi aktivitas yang meningkat karena dianggap memberi keleluasaan dalam menerapkan physical distancing. Wisata di Pangalengan menjadi tempat favorite bagi wisatawan untuk mengisi waktu libur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan usaha pariwisata di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung berdasarkan indikator faktor-faktor keberhasilan usaha yang terdiri atas Modifications, Business Functional Areas, Technology Adoption, Business Strategy.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Dimana analisis didapatkan dari data primer melalui wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan yaitu pelaku usaha pariwisata di Kecamatan Pangalengan. Objek dari penelitian ini meliputi usaha pariwisata Taman Langit, Wayang Windu Panenjoan dan Nimo Highland.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa ketiga usaha tersebut bisa bertahan dimasa pandemi dengan menerapkan strategi strategi yang menurut penelitian sebelumnya relevan seperti Modification, Business Funcional Areas, Technologi Adoptions dan Business Strategy. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi terhadap proses usaha lainnya yang dijalankan oleh pelaku usaha lainnya.
Kata Kunci: Faktor keberhasilan usaha, Pariwisata, Wirausaha