ANALISIS PERFORMANSI STRATEGI FORWARDING BERBASIS SDN-NDN

DIMAS PRATAMA

Informasi Dasar

90 kali
23.04.1845
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Software Defined Networking (SDN) dan Named Data Networking (NDN) berperan sebagai paradigma baru untuk meningkatkan distribusi Content pada generasi selanjutnya. NDN bertujuan merubah cara kerja jaringan dari pengambilan data packet bentuk IP ke dalam bentuk content nama. Sedangkan untuk SDN memiliki keunggulan dibandingkan jaringan tradisional sebelumnya yaitu dibagian Arsitektur jaringannya memisahkan antara Data Plane dengan Control Plane. Pada Integrasi SDN dengan NDN memiliki kelebihan yaitu dapat menghemat waktu yang dibutuhkan oleh consumer pada saat menerima data. Serta data pengirim yaitu producer tidak diketahui oleh consumer.

Oleh karena itu integrasi SDN dan NDN dikembangkan untuk menghemat penggunaan sumber daya yang digunakan pada setiap perusahaan ataupun dibidang pendidikan. Pada penelitian penulis melakukan analisis performansi dengan menggunakan Strategi forwarding Best Route, Multicast dan Access berbasis SDN-NDN untuk mengukur Round Trip Time, Throughput, CPU Usage dan Memory Usage pada paket data yang dikirimkan.

Berdasarkan hasil pengujian yang didapat pada penelitian ini, SDN-NDN memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan NDN pada saat Round Trip Time dan Throughput. Tetapi SDN- NDN lebih banyak menggunakan CPU Usage serta Memory Usage dibandingkan NDN. Berdasarkan diterapkannya strategi forwarding, strategi Access Router memiliki Throughput yang lebih tinggi serta waktu Round Trip Time yang lebih dibandingkan strategi forwarding Best-Route dan Multicast.

Subjek

COMPUTER NETWORKS
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI STRATEGI FORWARDING BERBASIS SDN-NDN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS PRATAMA
Perorangan
Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4G3 - ADAPTIVE NETWORK
  • TTI2J3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI4C3 - SOFTWARE DEFINED NETWORK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini