IMPLEMENTASI AUTO-SCALING WEB SERVER MENGGUNAKAN SENLIN PADA OPENSTACK CLOUD

KRISNA WAHYU MURTI

Informasi Dasar

65 kali
23.04.1864
004.678 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website adalah layanan aplikasi internet yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Banyaknya kunjungan pada website mendorong kebutuhan sumber daya server yang semakin tinggi. Akan tetapi tingginya kunjungan pada website mempunyai rentang waktu tertentu. Terdapat rentang waktu intensitas penggunaan website tinggi dan intensitas penggunaan website rendah. Hal tersebut mengurangi efisiensi sumber daya server yang berjumlah besar.

Salah satu solusi untuk menangani permasalahan tersebut dibutuhkan sistem auto-scaling yang berfungsi untuk mengalokasikan sumber daya komputasi secara dinamis. Auto-scaling dapat menambah atau mengurangi server secara otomatis, sekaligus mampu mengurangi pengeluaran biaya. Openstack menghadirkan Senlin sebagai layanan clustering untuk menjalankan fitur auto-scaling.

Pada Tugas Akhir ini telah diimplementasikan auto-scaling web server dengan layanan Senlin pada Openstack. Dari hasil pengujian diketahui bahwa penggunaan sistem auto-scaling cukup efisien dan efektif dibandingkan sistem load-balancer. Hal ini ditunjukan dari tingginya nilai rata-rata throughput sistem auto-scaling sebesar 26,52 MB/s, nilai rata-rata jumlah request loss sebesar 0,0618 %, dan penghematan cpu-usage dari rata-rata keseluruhan pengujian sebesar 14,31 %. Sedangkan pada parameter response time nilai rata-rata sistem auto-scaling lebih lambat dibandingkan sistem load-balancer, yaitu auto-scaling sebesar 5,13 ms dan load-balancer sebesar 3,79 ms.

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

IMPLEMENTASI AUTO-SCALING WEB SERVER MENGGUNAKAN SENLIN PADA OPENSTACK CLOUD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRISNA WAHYU MURTI
Perorangan
Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi - Pindahan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini