Future Railway Mobile Communication System (FRMCS) signaling merupakan
teknologi emerging untuk persinyalan kereta cepat yang akan menggantikan Global
System for Mobile Communication - Rail (GSM-R) sebagai standar persinyalan
kereta cepat mulai tahun 2022. Tugas Akhir ini menganalisis channel coding 5G,
yaitu Quasi-Cyclic Low Density Parity Check (QC-LDPC) codes untuk diajukan
untuk FRMCS yang akan ditetapkan oleh Union Internationale des Chemins de fer
(UIC) di Eropa.
Tugas Akhir ini mempelajari QC-LDPC codes, karena QC-LDPC codes merupakan
channel coding yang digunakan oleh 5G New Radio (NR) dan dapat beradaptasi
terhadap perubahan kanal, karena memiliki sifat rateless Raptor coding
di dalamnya. Evaluasi kinerja dilakukan dengan Extrinsic Information Transfer
(EXIT) chart pada kanal Binary Erasure Channel (BEC) dengan menggunakan parameter
erasure probability (?) yang didapatkan dari konversi Bit Error Rate (BER)
pada kanal FRMCS Indonesia.
Tugas Akhir ini berhasil: (a) menganalisis QC-LDPC codes FRMCS dengan
EXIT chart dan menemukan bahwa sifat Raptor codes pada QC-LDPC codes
bermanfaat besar terutama pada signal-to-noise power ratio (SNR) di bawah 15 dB
dan (b) menemukan erasure probability ekuivalen (¯?) BEC untuk kinerja BER
FRMCS pada kecepatan sampai 500 km/h untuk kanal FRMCS Indonesia. Hasil
dari Tugas Akhir ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar pada pengembangan
software maupun hardware FRMCS kereta cepat di Indonesia.