PERFORMANSI NDNS DENGAN VARIASI TOPOLOGI DAN PREFIX PADA NAMED DATA NETWORKING

MUHAMMAD DAFFA

Informasi Dasar

11 kali
23.04.1867
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Network (NDN) sangat berguna dalam proses pengambilan konten yang lebih efisien, yaitu dengan sistem caching konten di router NDN untuk memberikan proses pengambilan konten dengan lebih cepat tanpa harus meminta ke server utama penyedia layanan. Namun, akan menjadi masalah jika NDN digunakan dalam skala jaringan yang lebih besar yang menyebabkan interest packet harus menelusuri router-router NDN hingga producer untuk menemukan data packet yang dituju. Kedua adalah router NDN memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. NDNS datang sebagai solusi dari masalah tersebut, ditanamkan pada jaringan NDN sebagai resolver terhadap interest packet tersebut dan juga mengandalkan cache di level aplikasi sebagai penjamin ruang cache.

Pada Tugas Akhir ini, dirancang 2 topologi nyata, yaitu Abilene dan PAN-Europe menggunakan arsitektur NDN dengan sistem NDNS serta dilakukan simulasi perubahan pada prefix-nya. Pada penelitian ini dilakukan variasi prefix pada level Top Level Domain dan Second Level Domain untuk melihat pengaruhnya pada performansi NDNS. Cache baik di sisi router NDN maupun Caching Resolver diatur seminimal mungkin agar dapat melihat performansi NDNS murni sebagai name resolver. Serta dilakukan

Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa variasi prefix di level Second Level Domain maupun Top Level Domain tidak terdapat perbedaan average delay pada kedua topologi, yaitu 1% peningkatan average delay seiring peningkatan variasi prefix. Terdapat penurunan Cache hit ratio sebesar 0,16% (Abilene) dan 0,18% (PAN-Europe) karena probabilitas mendapatkan data di cache yang semakin kecil seiring beragamnya prefix. Pada perubahan frekuensi interest terdapat peningkatan 0,4% average delay dan Cache Hit Ratio menurun sebesar 0,08 % pada kedua topologi seiring peningkatan frekuensi interest per detik. NDNS dengan cache di Router dan Caching Resolver mendapatkan hasil average delay lebih rendah 43% (Abilene) dan 44% (PAN-Europe) dari NDN dengan cache di Router serta lebih rendah 57% (Abilene) dan 60% (PAN-Europe) dari NDNS dengan cache di Caching Resolver saja.

Subjek

COMPUTER NETWORKS
 

Katalog

PERFORMANSI NDNS DENGAN VARIASI TOPOLOGI DAN PREFIX PADA NAMED DATA NETWORKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD DAFFA
Perorangan
Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini