Persaingan global yang semakin ketat menuntut perusahaan-perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang perbankan untuk memiliki kesiapan dan kemampuan dalam menghadapi persaingan di era global ini. Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam menggerakkan sumber daya yang lain yang ada dalam perusahaan. Knowledge management menjadi aspek yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan divisi pembelajaran dan pengembangan kantor BCA Pusat Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan di divisi pembelajaran dan pengembangan BCA Pusat Jakarta sebanyak 50 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan pada karyawan divisi pembelajaran dan pengembangan di BCA Pusat Jakarta sangat baik, dengan persentase sebesar 90,26%. Kinerja karyawan yang dilakukan oleh karyawan pada divisi pembelajaran dan pengembangan di BCA Pusat Jakarta termasuk kedalam kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 86,77% . Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji-t), variabel knowledge management secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 53,0%, sedangkan sisanya yaitu 47,0% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Knowledge Management, Kinerja Karyawan