Dalam perkembangannya, teknologi tumbuh semakin pesat. Perkembangan teknologi membuat penyebaran informasi semakin mudah diakses yang dibantu melalui internet. Besarnya pertumbuhan jumlah pengguna internet juga didukung dengan jumlah pengguna smartphone. Kemampuan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet dan menggunakan smartphone membuat sektor perbankan memanfaatkan kemajuan teknologi layanan perbankan berbasis aplikasi mobile. Namun, pada kenyataannya pengguna aplikasi mobile banking masih sangat rendah dibandingkan dengan jumlah keseluruhan penggunaan internet dan pengguna smartphone. Hal tersebut menimbulkan adanya ketidakseimbangan atau gap antara jumlah pengguna internet dan jumlah pengguna smartphone dengan jumlah pengguna aplikasi mobile banking sehingga akan berdampak pada kesenjangan digital dalam menggunakan aplikasi mobile banking. Layanan aplikasi mobile banking dapat menjangkau lapisan masyarakat, salah satunya di kota Bandung. Penggunaan teknologi di kalangan masyarakat membutuhkan digital skills dalam pengaplikasiannya sehingga dapat mengukur adanya kesenjangan digital. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor digital skills terhadap penggunaan aplikasi mobile banking di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor yaitu Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan menyebarkan kuesioner kepada 415 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat 6 faktor yang membentuk digital skills terhadap penggunaan aplikasi mobile banking di kota Bandung yaitu Mobile Operational Skill, Information Navigation Skill, Creative Skills, Social Skills, Operational Skill, dan Percieved for Ease of User Skills.
Kata kunci: digital skills, mobile banking, exploratory factor analysis