Dalam perkembangan zaman yang sangat pesat dan semakin modern pada saat ini mendorong berbagai macam perubahan system, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti system perdagangan, cara bertransaksi dan system pemasaran. Hal ini memudahkan orang mencari informasi dengan mudah sehingga memudahkan orang untuk mencari sumber informasi seperti dalam sumber informasi e-commerce, media sosial, web, dan lain lain. informasi teknologi tersebut dengan adanya rivew tentang sebuah informasi tersebut yang dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi yang sesuai. Salah satunya dalam bidang marketplace untuk melakukan penyebaran produk melalui sistem elektronik seperti internet. Perkembangan marketplace dipengaruhi oleh berbagai factor yaitu dalam kepercayaan pelanggan dan minat beli. Salah satu cara agar perusahaan dapat berkembang demi membantu customer yaitu menciptakan atau mengembangkan fitur rekomendasi. Fitur rekomendasi adalah fitur yang dapat memudahkan customer dalam menentukan produk yang diinginkan dengan cara memberi saran atau rekomendasi produk kepada customer. Disamping itu dalam penelitian ini transparansi juga membantu para pemangku kepentingan dalam hal ini, salah satunya customer pengguna aplikasi shopee, mereka akan terbantu dengan adanya keterbukaan dan kemudahan mendapatkan informasi juga memberikan rasa adil dan aman bagi mereka dalam melakukan transaksi. Platform e-commerce shopee berencana meluncurkan system rekomendasi demi meningkatkan kepercayaan dan minat beli pada shopee.
Maka dari itu penelitian ini berfokus pada sebagaimana kualitas dari rekomendasi, transparansi, dan marketplace yang ada di shopee. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan model analisis kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online pada sampel sebanyak 400 pengguna. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert. Pengolahan data menggunakan program Smart-PLS dengan teknik analisis deskriptif, inner model, dan outer model. Hasil Dari penelitian ini menunjukan semua Variabel terhadap trust dan Purchase Intention memiliki hasil positif. Hal ini menjelaskan bahwa marketplace, rekomendasi, dan transparansi