Abstrak
Pesatnya perkembangan bisnis franchise di Indonesia mengalami peningkatan pada bisnis makanan dan minuman. Kopi Lain Hati merupakan Salah satunya coffeeshop yang banyak dijadikan franchise. Kopi Lain Hati mempunyai sosial media Instagram yang digunakan untuk mempromosikan produk secara online. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa pelaku melalui Brand Ambassador. Kopi Lain Hati memilih Thariq Halilintar sebagai Brand Ambassador. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan Brand Ambassador Thariq Halilintar terhadap Brand Image Kopi Lain Hati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplamatif kausal dengan teknik sampling non propability dan jumlah sampel 400 responden yang merupakan followers Instagram Kopi Lain Hati yang mengetahui Thariq Halilintar. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan SPSS.Berdasarkan hasil analisa dalam penelitian ini, variabel Brand Ambassador memiliki nilai rata-rata sebesar 74,54% dengan skor total sebesar 1491. Tanggapan yang diberikan responden secara keseluruhan masuk kedalam kategori baik. Sedangkan variabel Brand Image memiliki nilai rata-rata sebesar 75,66% dengan skor total sebesar 1513 yang mana tanggapan secara keseluruhan masuk kedalam kategori baik. Nilai t hitung sebesar 24,866 lebih besar dari t tabel sebesar 1,966. Adapun nilai t tabel dapat dilihat pada ketentuan ?/2=0,05/2=0,025. Derajat kebebasan t tabel adalah dk= ( 400-(1+1) )= 398. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai R-Square sebesar 0,608 atau 60,8%. Dengan demikian variabel Brand Ambassador berpengaruh terhadap Brand Image Kopi Lain Hati sebesar 60,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Image, Kopi Lain Hati, Thariq Halilintar, Instagram