PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAAKFKB DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI AKADEMIK TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY ANGKATAN 2019-2020

MOCHAMMAD GILANG FIDRIANSYACH

Informasi Dasar

146 kali
23.04.1997
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Instagram yang awalnya hanya digunakan untuk membagikan foto dan video, saat ini Instagram bisa dijadikan para pengguna sebagai media untuk membagikan berita. Dengan Instagram, masyarakat tidak perlu membuka portal berita melalui website karena semua berita yang diingkan bisa didapatkan melalui satu platform yaitu Instagram. Instagram memudahkan para pengguna untuk membagikan informasi kepada pengguna lainnya. Salah satu akun yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi yaitu akun Instagram @laakfkb. Akun Instagram @laakfkb menyebarkan informasi seputar akademik. Dalam penelitian ini peneliti mengambil populasinya adalah followers akun Instagram @laakfkb yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom Univeristy. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik non probability sampling. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari efektivitas akun Instagram @laakfkb terhadap pemenuhan kebutuhan informasi akademik mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang menentukan beberapa hipotesis yang akan diuji. Metode survey yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan link kuesioner kepada para mahasiswa aktif Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University melalui link Google Form. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh dari efektivitas akun Instagram @laakfkb sebesar 65,77%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas itu antara lain kecepatan penyebaran informasi, keakuratan informasi, kejelasan informasi, dan memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa tentang akademik. Sedangkan sisanya sebesar 34,23% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Efektivitas, Kebutuhan Informasi, Instagram.

Subjek

NEW MEDIA
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAAKFKB DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI AKADEMIK TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY ANGKATAN 2019-2020
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD GILANG FIDRIANSYACH
Perorangan
Adrio Kusmareza Adim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini