Dari laporan berita digital, Xyz merupakan aplikasi media sosial yang terpopuler. Xyz merupakan jejaring sosial yang berguna untuk mencari teman. Xyz juga dapat diaplikasikan dengan cara mengirim video, foto, bermain games, berdiskusi, dan masih banyak lagi. Aplikasi Xyz merupakan aplikasi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Namun setelah dilakukan pengamatan oleh penulis melalui Google Play Store, Xyz merupakan aplikasi media sosial dengan rating terendah jika dibandingkan dengan aplikasi media sosial kompetitor lainnya. Dengan adanya hal ini, penulis melakukan penelitian menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui aspek apa saja yang dibutuhkan peningkatan dalam layanan aplikasi Xyz. Metode UEQ digunakan karena metode tersebut dapat mengukur tingkat Attractive, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Novelty dan Stimulation dengan akurat. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai aspek attractive, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Novelty dan Stimulation yang didapatkan dari survei terhadap responden. Selain itu hasil penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pemangku kepentingan aplikasi media sosial Xyz untuk meningkatkan User Experience aplikasi Xyz. Metode perancangan ulang yang digunakan yaitu User Centered Design (UCD). Metode UCD merupakan metode perancangan ulang yang berfokus pada kebutuhan dan permasalahan yang disampaikan oleh user. Dengan dihasilkannya solusi desain, diharapkannya peningkatan pengalaman pengguna pada aplikasi Xyz ini. Penelitian ini melakukan dua kali pengujian yaitu pengujian awal dan pengujian akhir. Setiap pengujian membutuhkan 100 responden dan metode yang sama. Setelah dilakukannya pengujian akhir, didapatkan bahwa tingkat user experience meningkat dan jauh lebih baik dari pengujian awal. Oleh karena itu, penelitian dianggap berhasil karena terjadinya peningkatan tingkat user experience pada aplikasi ini.