ABSTRAK
PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI
UMKM MBURAK DURIAN MEDAN
Mburak Durian adalah produk UMKM yang berada di Medan. Mburak Durian
berlokasi di Jl. Veteran Psr 5 Helvetia. Mburak Durian mengandalkan lokasinya
yang strategi karena berada tepat di samping jalan sehingga mudah ditemui oleh
pengunjung, suasana kafe yang sejuk dan nyaman memberi kesan yang cocok bagi
pengunjung untuk refreshing sambil menikmati varian yang ada di Mburak Durian.
Keunikan dari Mburak Durian yang jarang ditemui di UMKM durian lain yaitu bisa
mencoba durian sesuai dengan selera dan varian yang Mburak Durian tawarkan.
Jika dilihat secara kualitas Mburak Durian sudah baik, namun belum adanya
kegiatan promosi visual yang memperlihatkan keunikan dari UMKM Mburak
Durian dibanding dengan UMKM lainnya seperti Ucok Durian, perancangan
strategi promosi masih belum bisa menarik konsumen dan promosi tidak tepat pada
sasaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi , kuisoner dan
wawancara, memahami latar belakang dari UMKM Mburak Durian. Mburak
Durian memiliki potensi untuk berkembang dengan banyaknya peminat dari
UMKM Mburak Durian, tetapi dalam 1 tahun terkahir terjadi penurunan
dikarenakan kurang tepatnya strategi promosi yang di buat. Perancangan ini dibuat
dalam bentuk media event, dan juga media pendukung lainnya seperti promosi
media sosial, konten sosial dan juga media cetak yang bisa disampaikan kepada
target audiens yang dituju.
Kata Kunci: Promosi, visual, media sosial, event