Indonesia memiliki peluang yang besar dalam menghasilkan wirausaha di era digital meskipun rasio penduduk yang menjadi wirausaha masih rendah. Salah satunya adalah program kompetensi siswa SMK 4.0 yang berfokus mengembangkan minat kewirausahaan siswa SMK. Namun demikian, program ini belum menghasilkan output yang signifikan yang terlihat dari persentase siswa lulusan SMK yang menjadi wirausaha masih sebesar 5.5 % dan hanya menduduki peringkat 5 yang tertinggal dari lulusan SMA, S1, SMP, dan SD. Oleh karenanya, peluncuran program dan penyusunan kurikulum pendidikan kewirausahaan bagi siswa SMK tidak akan berhasil apabila tidak terdapat keyakinan dan niat dari masing-masing individu, sehingga perlu ditanamkan self efficacy agar para lulusan SMK memiliki bekal dan keyakinan dalam mengelola sebuah bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh entrepreneurial education terhadap entrepreneurial intentions. Melihat pengaruh antara entrepreneurial education terhadap entrepreneurial self efficacy. Melihat pengaruh entrepreneurial self efficacy terhadap entrepreneurial intentions. Serta melihat pengaruuh entrepreneurial self efficacy dapat memediasi hubungan antara entrepreneurial education terhadap entrepreneurial intentions yang ada pada SMK Negeri 3 Baleendah.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang pengumpulan datanya didapatkan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner online kepada siswa-siswi kelas 11 dan 12 yang telah mengikuti mata pelajaran Kewirausahaan di jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation model menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS v.3.2.9.
Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa entrepreneurial education berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intentions, entrepreneurial education juga berpengaruh positif signifikan terhadap entrepreneurial self efficacy, entrepreneurial self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneurial intentions, selain itu entrepreneurial self efficacy terbukti memediasi antara entrepreneurial education terhadap entrepreneurial intentions.
Penelitian ini merekomendasikan untuk pihak sekolah dapat mempertahankan pengajaran kewirausahaan dan menambah mata pelajaran mindset berwirausaha. Untuk penelian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor yang paling signifikan dalam pendidikan kewirausahaan, niat kewirausahaan, dan self-efficacy diluar dari penelitian ini.
Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Minat Berwirausaha, Vocational High School