KONSEP RENCANA AKSI TRANSFORMASI DIGITAL DI ASRAMA “PANTI YATIM INDONESIA” DENGAN PENDEKATAN DIMENSI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) UNTUK MEWUJUDKAN SDG TARGET 4.7 EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

UFIQ NUR `AENI

Informasi Dasar

86 kali
23.05.074
658.81
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi yang berkaitan dengan sektor Pendidikan, pemasaran, dan kemajuan tekonologi digital, dimana pemasaran khususnya dalam Panti Yatim Indonesia memanfaatkan kemajuan teknologi di era digital yang diharapkan dapat meningkatkan donatur dari masyarakat. Lingkungan pendidikan pertama kali yang diperoleh setiap insan yaitu di lingkungan keluarga (pendidikan informal), lingkungan sekolah (pendidikan formal), dan lingkungan (pendidikan non-formal). Tidak hanya pendidikan formal di sekolah, pendidikan informal di lingkungan rumah pun wajib untuk mengembangkan pengetahuan. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan adalah dengan mengajarkan penggunaan perangkat elektronik untuk belajar.

Untuk tercapainya pengetahuan dan keterampilan anak asuh yang luas, ini mengakibatkan pemilik lembaga harus memiliki strategi marketing mix dan mampu melakukan penerapannya dengan baik. Strategi marketing mix digunakan untuk meningkatkan jumlah penghimpun dan menambah donatur, dikarenakan marketing mix sebagai ujung tombak usaha. Strategi marketing juga harus mengikuti pengembangan teknologi, informasi, dan pengembangan pada zamannya. Hal tersebut menjadi keunikan untuk meneliti bagaimana strategi marketing mix. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: 1) STP (Segmenting, Targeting, Positioning), 2) Penerapan Strategi Marketing Mix.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kualitatif descriptive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam teknik validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data dan ketekunan pengamatan (observasi). Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan transkrip data, coding, kategorisasi, analisis dan penarikan kesimpulan. Untuk Narasumber ada 7, yaitu: 4 Narasumber dari Internal dan 3 Narasumber dari Eksternal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan strategi pemasaran STP (segmentation, targeting, dan positioning) dan penerapan dari marketing mix 4P (product, price, promotion, place) yang dilakukan oleh Panti Yatim Indonesia. Dalam implementasi strategi pemasaran, para staf diharapkan mampu mengelola dan memberdayakan umat dengan baik. Selain itu, karyawan juga harus loyalitas terhadap lembaga untuk menjaga hubungan silaturrahmi dengan para donatur.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
TRANSFORTATION MANAGEMENT,

Katalog

KONSEP RENCANA AKSI TRANSFORMASI DIGITAL DI ASRAMA “PANTI YATIM INDONESIA” DENGAN PENDEKATAN DIMENSI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) UNTUK MEWUJUDKAN SDG TARGET 4.7 EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UFIQ NUR `AENI
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini