Penetrasi penggunaan internet terutama akses social media di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Social media menjadi salah satu media yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk membeli atau menggunakan suatu barang maupun jasa. Tidak terkecuali dalam pemilihan produk investasi. Banyak penyedia layanan jasa keuangan yang mempromosikan keunggulan produk investasi yang dimiliki melalui social media, salah satunya adalah Pegadaian dengan produk tabungan emas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari social media marketing yang dilakukan oleh Pegadaian melalui akun Instagram terhadap purchase intention dengan dimediasi oleh brand awareness dan brand trust. Pada penelitian ini sub dimensi social media marketing yang digunakan mengacu pada Kim and Ko (2016) yaitu entertainment, interaction, trendiness, customization dan word of mouth. Data penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner online kepada responden yang merupakan followers social media Pegadaian sebanyak 400 orang. Seluruh data yang dikumpulkan telah memenuhi kriteria validitas dan realibilitas. Peneliti menggunakan software SmartPLS versi 3.2.8 dengan menggunakan SEM. Hasil dari penelitian ini adalah semua indikator pada variabel social media marketing yaitu entertainment, interaction, trendiness, customization dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand trust dan purchase intention. Selain itu juga variabel social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui variabel brand awareness dan juga brand trust. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi dan strategi pemasaran yang lebih efektif bagi perusahaan, serta dapat melengkapi khazanah keilmuan serta referensi dibidang pemasaran, khususnya social media marketing.
Kata Kunci: social media marketing, purchase intention, brand awareness, brand trust, entertainment, interaction, trendiness, customization, word of mouth