PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN GAS ELPIJI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING (QSPM) UD. TAMBUN MULIA GAS ELPIJI

CATUR WILLIAM IMMANUEL TAMBUN

Informasi Dasar

191 kali
23.04.2111
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji merupakan sebuah usaha menengah ke bawah yang bergerak dibidang berbagai macam jualan salah satunya adalah gas elpiji, yang berukuran 3 kg, gas ukuran 5,5kg dan juga ukuran 12kg. Permasalahan yang dihadapi UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji dari fishbone adalah penjualan yang tidak memeunuhi target, salah satunya yang mempengaruhi factor UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji belum memiliki strategi pemasaran Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal External (IE), Matriks SWOT, dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Penelitian menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan juga QSPM (QuantitatIVe Strategic Planning Matrix). Berdasarkan hasil analisis dari rumusan masalah yaitu Bagaimakakah strategi pemasaran yang tepat dengan kondisi eksternal & internal UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji dan Menentukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan sesuai atau terbaik bagi UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji Langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data dari UD. Tambun Mulia. lalu melakukan pengolahan data hingga mendapatkan hasil yang dapat memperbaiki masalah dari UD Tambun Mulia Penelitian ini menghasil rancangan yang terbaik dan akan menjadi usulan kepada UD Tambun Mulia Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada pada UD Tambun Mulia. QSPM menggunakan cara mengumpulkan data secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai cara pengumpulan data kuantitatif tersebut. Setelah data sudah di verifikasi dan validasi, maka tahap berikutnya adalah mendapatkan hasil yang dapat diajukan kepada UD. Tambun Mulia. Berdasarkan perhitungan skor TAS pada masing-masing strategi, strategi yang menjadi prioritas atau strategi dengan skor tertinggi adalah “Meningkatkan sarana penjualan dan juga memastikan tidak ada produk barang yang palsu dari tabung resmi lpg.” Dengan skor TAS 6.958. kesimpulan pada tugas akhir ini yaitu tahapan pertama yang dilakukan dari pembuatan perancangan strategi pemasaran usaha ini yaitu tahap input dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal UMKM UD. Tambun Mulia Gas Elpiji. Lalu tahap selanjutnya merupakan pencocokan dengan menggunakan matriks IE serta matriks SWOT, kemudian didapatkan keputusan menggunakan matriks QSPM

Subjek

KEWIRAUSAHAAN
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN GAS ELPIJI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING (QSPM) UD. TAMBUN MULIA GAS ELPIJI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CATUR WILLIAM IMMANUEL TAMBUN
Perorangan
Budi Praptono, Tiara Verita Yastica
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • IEG222 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini