Pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun sedang menunjukan pertumbuhan yang
sangat pesat. Pesatnya perkembangan teknologi internet menjadikan inovasi perubahan pada
gaya hidup masyarakat. Perkembangan teknologi juga memicu munculnya sebuah inovasi bagi
perusahaan dan pebisnis dalam membuka bisnis berbasis online seperti e-commerce yang dirasa
dapat menghasilkan keuntungan seperti menghemat waktu dan biaya usaha. Ralali.com
merupakan salah satu e-commerce Business-to-Business (B2B) yang telah memanfaatkan
peluang tersebut.
Penelitian ini mengkaji hubungan sebab akibat antara variabel-variabel yang
dihipotesiskan dengan membuat kerangka penelitian berupa model persamaan struktural (SEM)
dalam 3 persamaan dengan menggunakan perangkat lunak LISREL 8.8. Responden yang
digunakan sebagai sampel sebanyak 200 orang dengan menggunakan metode non probability
sampling dengan purposive sampling. Pengumpulan data ini dilakukan melalui penyebaran
kuesioner secara online menggunakan Google form.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel website quality berpengaruh terhadap
e-trust. E-trust berpengaruh terhadap purchase intention. Website quality berpengaruh terhadap
purchase intention. Website quality berpengaruh terhadap purchase intention yang dimediasi
oleh e-trust. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi untuk e-commerce dapat
meningkatkan website quality, e-trust konsumen, dan purchase intention pengunjung website.
Kata Kunci : kualitas website, ease of use, usefulness, entertainment, complementary
relationships, kepercayaan elektronik, dan minat beli