Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dalam menggunakan layanan shopeepay pada generasi Y dan Z di kota Bandung, dalam penelitian ini ingin meneliti tentang pengaruh mengenai gaya hidup dan literasi keuangan dan hubungannya dengan perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di Kota Bandung.
Penelitian ini, memakai sampel non-probality sampling Teknik probability yang digunakan purposive sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan menggunakan kriteria tertentu. Penentuan sample menggunakan rumus bernoulli, Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus bernoulli, maka diperoleh jumlah sampel minimum sebesar 100 orang responden.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara parsial bahwa terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, hal ini didasarkan pada pengujian uji t, diperoleh hasil thitung>ttabel dan signifikansi (pvalue) <0.05, dan terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay. Hal ino didasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan uji f, diperoleh hasil fhitung>ftabel dan signifikansi (pvalue) <0.05.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z pengguna shopeepay di kota Bandung maka diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay, terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay., terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay.