PEMANTAUAN DAN NOTIFIKASI KONDISI TANAH PADA TANAMAN MENGGUNAKAN PLATFORM IOT

FACHRUL NAZIF

Informasi Dasar

61 kali
23.04.2187
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas pada tanah untuk menanam suatu tanaman memiliki peran penting agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik, oleh karena itu untuk menanam suatu tanaman perlu mengetahui kualitas tanah yang sesuai untuk penanaman tanaman tersebut. Terdapat sifat- sifat yang dapat menentukan kualitas pada tanah yaitu sifat kimia tanah yang meliputi suhu, pH tanah, kelembaban dan NPK (Nitrogen, Phosphat dan Kalium).

Penelitian ini bertujuan untuk membuat monitoring prediksi tanah  terhadap tanaman sehingga pengguna dapat menerima informasi mengenai kondisi kualitas tanah  tanaman melalui  aplikasi android. Sistem ini mendeteksi pH tanah, suhu, kelembaban, dan NPK  yang terdapat pada tanah. Dalam proses  rancang bangun ini, dimulai dari data prediksi tanah yang dikirim ke platform IoT dan ditampilkan melalui aplikasi.

Pengujian QoS Throughput mendapatkan rata-rata 33,81 kbps dengan indeks 4, Packet Loss mendapatkan rata-rata 0 dengan indeks 4, delay mendapatkan rata-rata 142,12 ms dengan indeks 4 , dan jitter mendapatkan rata-rata 141,584 ms dengan indeks 1 versi THIPHON. Terjadi perbedaan output yang dihasilkan sistem ketika data sensor dikirim ke Firebase, hal tersebut terjadi karena proses pembacaan sensor yang sangat cepat menjadi tidak optimal akibat penambahan proses yang cukup rumit untuk pengiriman setiap pembacaan data sensor ke firebase dan dilakukan survei mengenai tampilan dan kepusan pengguna dalam menggunakan aplikasi kesuburan tanah dengan rentang nilai 1(sangat jelek) hingga 5(sangat bagus). Hasil akhir dari pengujian ini berupa data pemantauan unsur tanah dan prediksi tanaman yang ditampilkan melalui aplikasi. Desain dan pembuatan aplikasi mobile memanfaatkan platform Kodular sebagai penyedia layanan pembuatan aplikasi berbasis sitem operasi android.  

 

Kata Kunci: Internet of Things, Firebase, Kodular, Unsur Tanah.

Subjek

Skripsi
 

Katalog

PEMANTAUAN DAN NOTIFIKASI KONDISI TANAH PADA TANAMAN MENGGUNAKAN PLATFORM IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FACHRUL NAZIF
Perorangan
Ig. Prasetya Dwi Wibawa, Achmad Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4N3 - PEMBELAJARAN MESIN DAN APLIKASI
  • TEI3I3 - PEMROGRAMAN PERANGKAT IOT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini