Hotel NEO Dipatiukur merupakan brand properti yang terletak di dasar naungan Archipelago International, Hotel NEO by Aston mewakili kelas hotel bintang-3 yang dioperasikan jaringan hotel ternama Archipelago International. Hotel NEO Dipatiukur mulai dibuka pada tanggal 10 Juli 2015, berlokasi tepat di tengah kota di Jl. Dipatiukur No.72-74 Bandung 40132. Lokasi yang strategis menawarkan akses mudah ke pusat kota dan kawasan kuliner dan jajanan kaki lima terpopuler di Bandung. Hotel Neo Dipatiukur mengusung konsep modern kontemporer cocok dengan tren terkini desain perhotelan. Salah satu channel digital marketing yang wajib digunakan oleh perusahaan adalah media sosial. Media sosial tidak hanya Facebook serta Twitter, media yang sangat terkenal serta berkembang dengan kilat yaitu Instagram. instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk memasarkan produk. Dikala memasarkan produk, terdapat proses yang dilalui dari pengirim, pesan, media, hingga feedback yang diberikan pelanggan kepada perusahaan. Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk maka perlu adanya perhatian dan pengembangan konten social media marketing pada media sosial Instagram Hotel Neo Dipatiukur.
Berdasarkan hal tersebut, pihak yang terlibat merencanakan, mengembangkan, serta mengevaluasi konten media sosial Instagram milik Hotel Neo Dipatiukur yaitu @neo_dipatiukur. Tujuan daripada penelitian ini adalah analisis pengembangan social media marketing pada media sosial Instagram Hotel Neo Dipatiukur. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Informasi yang sudah didapat dianalisis keabsahannya dengan mencampurkan jawaban serta mengambil kesimpulan dari hasil wawancara dengan informan.
Hasil dari Analisis ini untuk mengetahui pengembangan konten media sosial marketing instagram yang telah dijalankan dan diteliti berlangsung efektif, konten yang diciptakan mengacu pada content matrix yang terdiri dari 4 aspek yaitu educate, inspire, entertain dan covince. Hasil evaluasi dilihat melalui fitur Insight yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam konten social media marketing Instagram. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa jadi acuan untuk pengembangan media sosial Instagram @neo_dipatiukur kedepannya.
Kata Kunci : pemasaran media sosial, instagram, konten media sosial marketing