PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK KEAMANAN KUNCI ODC STUDI KASUS PT. TELKOM WITEL TASIKMALAYA

M. ARIF HUSAINI

Informasi Dasar

51 kali
23.06.312
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Meningkatnya penggunaan fiber optic di Tasikmalaya dibutuhkan sebuah sistem untuk keamanan kunci pada ODC (Optical Distribution Cabinet). Untuk membuka dan menutup ODC teknisi membutuhkan kode kunci oleh admin, Dengan banyaknya STO di Tasikmalaya tidak efektif jika teknisi melakukan peminjaman secara manual.

Berdasarkan pada permasalahan diatas maka pada Proyek Akhir ini akan dibuat sistem keamanan kunci pada ODC dengan bot telegram. Bot telegram merupakan akun telegram khusus yang didesain dapat meng-handle data dan pesan secara otomatis. Bot telegram pada Proyek Akhir ini dibuat dengan menggunakan Google Apps Script yang merupakan bahasa pemrograman khusus google sheets yang disediakan oleh google. Metode yang digunakan dalam proses pembuatan bot telegram ini adalah dengan menggunakan metode webhook yang artinya server bot berada pada hosting dan wajib memakai https. Bot telegram ini memanfaatkan Telegram Bot API untuk proses perancangan.

Hasil dari Proyek Akhir ini adalah berfungsinya bot telegram dan memiliki tingkat keberhasilan 100%, semua fitur dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hasil pengujian performa dengan mengukur respon time dari bot didapatkan hasil rata-rata respon time keseluruhan sebanyak 1,1 detik, dan hasil pengujian subjektivitas didapatkan hasil 81.7% responden menilai aplikasi ini Sangat Baik.

Kata Kunci: ODC, Keamanan, Bot Telegram.

Subjek

Multimedia development
 

Katalog

PERANCANGAN BOT TELEGRAM UNTUK KEAMANAN KUNCI ODC STUDI KASUS PT. TELKOM WITEL TASIKMALAYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. ARIF HUSAINI
Perorangan
Dwi Andi Nurmantris, St.
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini