Studi ini mengkaji terkait dengan media promosi dengan cara Augmented Reality dengan menggunakan media smartphone sebagai promosi atau sistem penjualan yang digunakan oleh Perumahan PT. Graha Sultan Raya. Tujuan studi ini adalah membangun aplikasi Augmented Reality perumahan berbasis android yang memiliki berbagai macam fitur untuk memberi gambaran kepada calon pembeli seputar spesifikasi eksterior dan interior rumah. Dalam penelitian ini terdapat media informasi detail rumah dengan menampilkan objek 3D menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). AR sendiri pada prinsipnya adalah sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata kemudian diproyeksikan. Aplikasi ini menggunakan Brosur perumahan sebagai target marker untuk memunculkan objek 3D setelah dipindai. Objek yang akan muncul berupa 3D rumah dengan tampak luar / eksterior dan tampak dalam / interior, dan juga terdapat teks informasi singkat mengenai tipe rumah. Berdasarkan kuesioner yang telah dibagikan aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat baik dan mendapatkan persentase sebesar 86,4%. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi ketertarikan calon pembeli di Perumahan PT. Graha Sultan Raya, karena sejauh ini sistem promosi pihak perusahaan belum menggunakan media kreatif yang dapat mempermudah calon pembeli tanpa harus datang untuk cek lokasi. Aplikasi ini dapat diselesaikan dan digunakan oleh PT. Graha Sultan Raya.
Kata kunci: Augmented Reality, Objek 3D, Aplikasi.