PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE

CINDY AURELIA HANNARESA

Informasi Dasar

330 kali
23.04.2227
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Shopee merupakan salah satu pusat belanja online terbesar di Indonesia. Shopee mampu memberikan kemudahan bagi konsumen, khususnya di Indonesia untuk mendapat barang terbaru yang di inginkannya dan juga barang yang menjadi kebutuhan. Namun dibalik meningkatnya pengguna belanja online di Indonesia, masih terdapat beberapa kondisi permasalahan pelanggan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Karena pada pembelian online, konsumen tidak dapat memeriksa barang secara langsung, hanya melalui gambar dan deskripsi yang diberikan oleh toko. Hal ini perlu dilakukan analisis mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Shopee salah satunya yaitu customer review dan customer rating. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh customer review dancustomer rating terhadap keputusan pembelian di Shopee.

           Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah responden 101 responden konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di marketplaceshopee. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

            Berdasarkan hasil analisis deskriptif customer review, customer rating dan keputusan pembelian termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil pengujian secara parsial terdapat pengaruh signifikan dari customer review dengan uji T sebesar 5,585 > 1,660 dan customer rating sebesar 4,077 >1,660 660 terhadap keputusan pembelian serta secara simultan berpengaruh siginifikan dengan hasil uji F 60,001 > 3,09. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa customer review dan customer rating secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signfikan terhadap proses keputusan pembelian pada marketplace Shopee.

 

Kata Kunci : Customer Review, Customer Rating, Keputusan Pembelian.

 

 

Subjek

BUSINESS MARKETING
CUSTOMER RELATION MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINDY AURELIA HANNARESA
Perorangan
Yulia Nur Hasanah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini