Cabang olahraga beladiri Karate yang berasal dari Jepang merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak sampai orang dewasa. Beladiri seringkali didefinisikan sebagai sistem pertarungan menyerang dan bertahan. Beladiri terkini biasanya merupakan seni pertarungan yang sudah dimodifikasi untuk tujuan olahraga, pertahanan diri, serta hiburan. Hal ini sesuai dengan tujuan beladiri, yaitu untuk melindungi diri sendiri dari ancaman bahaya.
Cabang olahraga beladiri Karate yang merupakan beladiri beraliran keras yang menggunakan teknik-teknik fisik seperti pukulan, tendangan, tangkisan, dan hindaran dengan kuda-kuda yang kokoh. Karate juga merupakan salah satu olahraga yang mempunyai karakteristik gerak dan teknik tersendiri. Pembelajaran olahraga beladiri Karate pertama-tama harus menguasai teknik Kihon yang merupakan Latihan dasar Karate yang meliputi teknik kuda-kuda (Dachi), tangkisan (Uke), tendangan (Geri), pukulan (Tsuki), dan semua gerakan tubuh yang digunakan dalam kata dan kumite.
Penelitian mengenai klasifikasi Gerakan beladiri Karate menggunakan metode Support Vector Machine sebelumnya belum pernah dilakukan. Pada Tugas Akhir ini akan menggunakan gerakan Kihon, Kumite, dan Geri. Setelah dilakukan pengujian terhadap performansi dari algoritma Support Vector Machine didapatkan hasil nilai Presisi 99,47%, Recall 99,47%, F1 Score 99,45%, serta akurasi 99,65%, dan error rate sebesar 66,66% dari 27 sampel yang diambil.
Kata Kunci: Beladiri Karate, Support Vector Machine, Gerakan Dasar