PENGENDALIAN OTOMATISASI BERBASIS IOT UNTUK SISTEM AEROPONIK HORIZONTAL

RYNDAM PUTRA ANUGERA

Informasi Dasar

73 kali
23.04.2273
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian pada aeroponik sistem sangatlah penting dimana kualitas kadar sangat berpengaruh terhadap tanaman aeroponik, Aeroponik sitem adalah sistem bercocok tanam yang menggunakan udara sebagai medianya, sehingga pecinta sayuran yang menggunakan media tanah atau air (hidroponik) dapat berahli mengunakan media udara atau aeroponik dimana sistem ini mengunakan pengkabutan air yang disomprot langsung ke akar tanaman, Salah satu permasalahan utama aeroponik adalah kualitas air tanaman yang harus sesuai dengan kebutuhan tanaman. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas air tanaman yaitu suhu, kelembaban, pH air, ketingian air nutrisi.
Pada Tugas Akhir ini dibuat suatu alat untuk melakukan monitoring hasil sensor pada tanaman tersebut sekaligus melakukan pengendalian melalui website secara otomatis. Sistem ini menggunakan sensor DHT11 untuk memonitor hasil suhu dan kelembaban, sensor ph-4502C, dan sensor HCSR-04 ketinggian permukaan (ketersediaan) larutan nutrisi. Sedangkan sebagai kendali sensor ph menggunakan ].
Dari hasil pengujian yang dilakukan secara fungsional, sistem mampu melakukan monitoring dan pengendalian secara otomatis sesuai dengan kadar yang sesuai dengan nutrisi yang ditetapkan. Adapun akurasi hasil pengukuran suhu 98,79%, kelembaban 97,07%, kadar ph 96,44%, ketinggian cairan nutrisi 98,63%, dan pada pengujian sistem otomatisasi dalam menyiram berdasarkan kadar pH rata-rata yang didapat adalah 6,41 sedangkan untuk yang berdasarkan ketinggian mendapatkan rata-rata 24,60. 

Kata kunci— Aeroponik, Kontrol dan Monitoring, Pakcoy, Website
 

Subjek

IOT ENABLED SMART SENSING
 

Katalog

PENGENDALIAN OTOMATISASI BERBASIS IOT UNTUK SISTEM AEROPONIK HORIZONTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYNDAM PUTRA ANUGERA
Perorangan
Fairuz Azmi, Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini