Perkembangan teknologi di Indonesia memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia termasuk aspek pendidikan. Adaptasi teknologi yang cepat membutuhkan strategi pembelajaran yang baik, salah satunya adalah penerapan pembelajaran blended learning. Dibutuhkannya materi pembelajaran dalam blended learning yang menggunakan prinsip multimedia learning dengan tujuan mahasiswa dapat belajar lebih baik dengan teks dan visual. Prinsip tersebut memungkinkan mahasiswa untuk mengurangi beban kognitif ekstra. Selain itu dibutuhkan penggunaan visual gambar yang efektif sesuai dengan fungsi komunikasi visual dalam materi pembelajaran tersebut agar visual gambar yang digunakan dapat efektif menyampaikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh strategi pembelajaran dalam penggunaan visual gambar pada materi pembelajaran blended learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi langsung serta wawancara terhadap mahasiswa dan dosen yang terlibat pada mata kuliah Studio Advertising V, DKV, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom. Hasil dari penelitian ini membuktikan penggunaan visual yang tepat dapat mengurangi beban kognitif ekstra mahasiswa serta meningkatkan minat belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan rekomendasi terhadap strategi pembelajaran yang digunakan, tidak hanya pada mata kuliah Studio Advertising V namun juga untuk mata kuliah lainnya.